Sunday 31 October 2010

News

foto berita artikel
Adobe luncurkan Widget Video Player untuk HTML 5

Meningkatnya perkembanganHTML5 membuat Adobe Flash diposisikanperangkat penghambat untuk mendapatkan pemutar video yang lebih baik. ApalagiHTML5 nantinya digunakan untuk melayani video online secara real time. Untuk menjawab tantangan tersebut, Adobe sekarang telah merilis sebuah widget yang memungkinkan pengembang web untuk menambahkan dukungan video HTML5 ke situs mereka yang dibuka dengan menggunakan browser yang tidak mendukung HTML5.

HTML5 telah menerima sejumlah gangguan yang cukup besar dengan sebagian besar terdapat pada plugin free video. Namun, banyaknya browser di pasaran terbatas untuk tag <video> HTML5 telah memaksa pengembang web mencari solusi agar situs mereka dapat berjalan dengan baik untuk semua platform dan browser,” tulis Adobe diblog Dreamweaver miliknya. Untuk membantu para pengembang web mengatasipermasalahan tersebut, Adobe telah merilis solusi yang mudah digunakan. Solusi tersebut adalah pengaturan CSS yang memudahkan pergeseran dari tag <video> HTML5 ke Flash Player. Widget video player HTML5 memungkinkan pengembang web untuk menghasilkan kode yang menambahkan player HTML5 ke situs mereka. Player ini akan menjadi defaultdan terbuka di browser yang akan datang dengan dukungan penuh untuk HTML5.

Video playaer HTML5 milik Adobe berdasarkan pustaka open source Kaltura yang biasa digunakan Wikimedia Foundation untuk konten video di Wikipedia dan Wikimedia Commons. Player ini tersedia melalui Adobe Widget Browser yang dapat diakses dari Dreamweaver CS5. Adobe sendiri menegaskan bahwa hadirnya HTML5 tidak menjadi sebuah ancaman bagi mereka. (jimmyfernanda/BeritaNet.com)

No comments:

Post a Comment